Tentang Kabupaten Mojokerto

Diposting oleh LPK MOJOKERTO | 10.31.00 | 0 komentar »

Dengan semangat membangun konsumen kita Sosialisasikan UU. No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Tentang Kabupaten Mojokerto

GEOGRAFI

Kabupaten Mojokerto, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Mojokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik di utara, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu di selatan, serta Kabupaten Jombang di barat.
Di Mojokerto terdapat kecamatan Trowulan, yang disinyalir sebagai pusat dari Kerajaan Majapahit, karena saat ini disana banyak dijumpai sisa-sisa peninggalan sejarah kerajaan tersebut.
Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kini banyak gedung-gedung dan kantor-kantor pemerintahan yang dipindahkan ke kota Mojosari, sebelah timur Kota Mojokerto.
Bagian selatan Kabupaten Mojokerto berupa pegunungan, dengan puncaknya Gunung Welirang (3.156 m) dan Gunung Anjasmoro (2.277 m).
Kabupaten Mojokerto memiliki sejumlah obyek wisata menarik. Trowulan adalah daya tarik utama wisata sejarah di kabupaten ini, karena terdapat puluhan candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit, makam raja-raja Majapahit, serta Pendopo Agung yang diperkirakan berada tepat di pusat istana Majapahit. Kawasan pegunungan di selatan juga merupakan kawasan wisata andalan, diantaranya Pemandian Air Panas di Pacet dan villa-villa peristirahatan di Trawas. selain itu juga terdapat beberapa tempat berkembangnya industri kecil. kecamatan Sooko terkenal sebagai sentra industri sepatu dan sandal, kecamatan Trowulan terkenal dengan kerajinan kemasan dan perak serta patung batu. kecamatan Bangsal terkenal dengan krupuk rambaknya dan juga sekolah polisi negara.


0 komentar